NO INTENDS OF PIRACY : All Images & Articles collected are just for sharing in order to be useful to others
Looking for real singles? Meet someone on the largest online dating network – photos, chat, more!

Tuesday, January 6, 2009

THE VISIONS 11 : KALSIUM DAN KEHIDUPAN

Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh kita. Salah satu fungsinya adalah membentuk tulang dan menjaganya agar tetap kuat. Tetapi ingat fungsi kalsium bukan hanya untuk tulang.
Sembilan puluh sembilan persen (99%) kalsium berada di tulang atau gigi. sedangkan 1% sisanya bersirkulasi dalam darah dan ini sangat penting dalam kehidupan dan kesehatan (http://www.calsiuminfo.com/).

Kalsium dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh, transmisi syaraf, pengaturan detak jantung, kontraksi otot, membantu pembentukan energi, membantu proses pembuahan, mempercepat pembekuan darah, mengaktifkan sistem pertahanan tubuh, dan lainnya.

Jadi SALAH BESAR ! JIKA BERANGGAPAN KALSIUM HANYA UNTUK TULANG.

FUNGSI 1% KALSIUM DALAM TUBUH

KALSIUM DAN JANTUNG
Tahukah anda apa yang membuat jantung berdetak? Kalsium.
Ketika jantung mengerut dan mengembang, ion kalsium mengatur ritmenya. Mineral kalsium masuk ke dalam sel otot jantung dan akan mengaktifkan protein yang menyebabkan gerakan dari otot jantung dan membuat otot mengembang terus menerus dan membuat kita tetap hidup. Kekurangan kalsium dakan melemahkan otot jantung dan menyebabkan berbagai penyakit jantung.


KALSIUM, GAIRAH SEKSUAL, KESUBURAN DSB
Tahukan anda ternyata komponen kalsium berada di ujung depan sperma dan kalsium inilah yang membantu sperma masku ke dalam membran sel telur. Ketika sperma mencapai sel ovum, maka fertilisasi akan segera terjadi. Selanjutnya kalsium juga berperan untuk menciptakan getaran kalsium yang merangsang ovum untuk mampu terjadinya pembuahan (fertilisasi)

KALSIUM, IBU HAMIL DAN PERTUMBUHAN BAYI DAN ANAK
Bayi atau anak yang kekurangan kalsium akan terhambat pertumbuhannya, daya tahan tubuhnya lemah bahkan mempengaruhi kecerdasannya. Karena itu ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan kalsium karena banyak kalsium dari tubuhnya yang diambil untuk bayi.

KALSIUM, REMATIK, KRAM, SAKIT OTOT, SAKIT PINGGANG DSB
Stimulsai gerak otot kerangka digerakkan oleh ion kalsium, begitu juga pemadatan dan peregangan otot kerangka. Kalsium membantu semua pergerakan tubuh. Kepadatan kalsium merupakan standar dasar yang mengatur kontraksi otot untuk meregang dan bergerak. Kekurangan kalsium akan mengakibatkan gangguan otot seperti rematik, pinggang, kram dsb.

KALSIUM DAN DIABETES
Melalui urin, selain gula, sejumlah kalsium juga dibuang. Kekurangan kalsium memperkuat gejala diabetes, karenanya 60% penderita diabetes menderita osteoporosis. Penderita diabetes memperhatikan penyediaan kalsium untuk mengembalikan kembali fungsi organnya, terutama pankreas.

KALSIUM DAN PENYAKIT BERHUBUNGAN DENGAN SYARAF
Kalsium berperan penting untuk proses pelepasan neurotransmitter dan sangat dibutuhkan untuk mengaktifkan dan mengistirahatkan pesan otak. Ketika tubuh kekurangan kalsium, pelepasan syaraf pesan akan terhambat dan mekanisme pengaktifan atau pengistirahatan juga akan rusak. Sebagai akibatnya adalah kurang tidur nyenyak, gelisah, insomnia, hiperaktif, pikun dsb.

KALSIUM DAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH SECARA MAKSIMAL
Ion kalsiumlah yang pertama kali memberikan tanda bahaya ketika kuman asing, virus, racun atau serangan penyakit masuk dalam ke tubuh dan memerintahkan sistem kekebalan tubuh untuk beraksi dan menaklukkan musuh dengan mengubah bentuk dan menghancurkannya. Ketika orang kekurangan kalsium, sistem kekebalan akan kacau.

KALSIUM DAN DARAH TINGGI, PENYEMPITAN PEMBULUH DARAH DSB
Ketika kalsium dalam darah berkurang, tubuh mengambil kalsium dalam tulang masuk ke darah. Peleburan kalsium dari tulang, mengakibatkan kalsium menangkap lemak di pembuluh darah sehingga pembuluh jadi menebal dan keras sehingga kekurangan elastisitas menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, dan penyakit pembuluh darah jantung dan otak.

BERAPA BANYAK KALSIUM YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN 1% KALSIUM YANG BERSIRKULASI DALAM DARAH, SEHINGGA BISA TERHINDAR DARI BERBAGAI MACAM PENYAKIT ?

UMUR KEBUTUHAN HARIAN

0 - 6 Bulan 210 Milligram/hari
6- 12 Bulan 270 Milligram/hari
1 - 3 Tahun 500 Milligram/hari
4 - 8 Tahun 800 Milligram/hari
9 - 18 Tahun 1.300 Milligram/hari
Dewasa 19 - 50 Tahun 1.000 Milligram/hari
Dewasa 51 +Tahun 1.200 Milligram/hari
National Academy of sciences Institute of Medicine (www.calsiuminfo.com)

No comments:

Post a Comment